Jumat, 25 November 2016

Command Prompt(1/3)


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang command prompt. Ini merupakan bagian pertama dari kedua pembahasan tentang command prompt. Kali ini saya akan memperkenalkan command prompt.




icon command prompt(atas)
Command prompt atau cmd.exe atau cmd (secara resmi sebagai command processor)  adalah peneremah baris perintah (command line intepreter) pada sistem operasi Windows NT, Windos, Windows CE, OS/2, dan eComStation.

Command prompt bekerja dengan mengeksekusi perintah yang dimasukkan untuk berkomunikasi (mengoperasikan) komputer. Perintah yang dimasukkan harus perintah valid yang dikenali komputer, atau akan terjadi error. Dibawah adalah tampilan awal command prompt.


command prompt yang telah diberi perintah (bawah)



Command prompt merupakan analog dari COMMAND.COM dalam MS-DOS dan sistem Windows 9x atau dari Unix shell yang digunakan pada sistem Unix-like.




command.com (atas)

Therese Stowell mengembangkan versi awal cmd.exe untuk Windows NT. Walaupun beberapa perintah DOS tidak didukung atau sudah diubah (misalnya fungsi deltreedigabung kedalam rd dalam bentuk parameter / s ), cmd.exe masih memiliki lebih banyak perintah built-in.

Versi cmd.exe pada OS/2 dan Windows NT memiliki pesan kesalahan yang lebih rinci dibandingkan dengan "Bad command or file name" (dalam hal salah perintah) dari command.com.

 Pada versi cmd.exe OS/2 pesan kesalahan dilaporkan dengan bahasa sistem yang dipakai , teksnya diambil dari sistem pesan file. Perintah bantuan kemudian dapat dikeluarkan dengan pesan nomor kesalahan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Command Prompt tetap menjadi bagian dari , Windows Vista ,Windows Server 2008, dan Windows 7.

Kekurangan dan kelebihan command prompt:

Kelebihan

1. Kebutuhan memori yang kecil.
2. Lebih cepat dalam menyalin.
3. Akses cepat.

Selain itu, command prompt dapat dipakai untuk menjalankan teknik pwretasan dasar. Misalkan mengetahui nomor ip dan serangan DOS (denial of service yang dapat membuat server down) dengan ping, melacak trojan, lokasi ip, bahkan membuat virua sederhana.

Kekurangan command prompt:

1. Tampilan kurang menarik.
2. Lebih susah dipelajari.

Sekian post kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca pada umumnya. Selanjutnya saya akan membahas cara mengakses command prompt di windows 7, 8, dan 10.



Daftar pustaka:

www.en.wikipedia.org

www.id.wikipedia.org

http://www.habibullahurl.com/2016/01/kelebihan-dan-kekurangan-gui-dan-cli.html?m=1

Efvy. 2008. Hacking tanpa Pakai Program. Jakarta: PT Elex Media Computido.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar