Rabu, 30 November 2016

Mengenal Deep Web

Deep Web

Kali ini saya akan membahas Deep Web lewat infografik (bukan buatan saya), saya pilih menggunakan infografik agar lebih mudah dipahami.

Saya tidak akan membahas cara mengakses deep web di pos ini. Saya juga tidak menyarankan mengunjunginya, karena perlu ketelitian ekstra, atau akan menemui hal yang meresahkan. Lanjut saja ke infografiknya.

1. Apa itu deep web?

2. Illustrasi hubungan antara deep web dan surface web


Mungkin Anda pernah melihat video di YouTube tentang hal meresahkan yang ada di deep web, misalkan sewa jasa hitman (pembunuh bayaran), prostitusi, narkoba dan hal ilegal lainnya. Hal tersebut benar adanya, namun tak sepenuhnya benar. Misalkan kasus prostitusi online yang ramai dua tahun lalu di Twitter, merupakan satu contoh dari hal meresahkan yang bukan di deep web.

Deep web, sama seperti surface web, seperti pedang bermata dua yang memiliki sisi baik dan buruk. Hal meresahkan seperti itu adalah bagian dari dark web, sisi gelap deep web, ada isi normal di deep web, misalkan web yang menyediakan fakta tentang kucing dan website beberapa universitas ternama pun ada disana. TOR browser juga tidak akan menampilkan hal yang tidak kita cari.

Sekali lagi, saya tidak menyarankan pembaca pergi ke deep web, apalagi tanpa mengetahui tentang deep web sama sekali. Ada hal meresahkan disana karena sensor yang longgar dan jebakan FBI pada situs tertentu. 

Jika Anda bersikeras, silakan cari tutorial mengakses deep web, risiko ditanggung sendiri.

Daftar pustaka:

https://unikeyword.wordpress.com/tag/surface-web/ (infografik 2)

http://tech.co/infographic-tor-deep-web-2014-11 (infografik 1)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar