Rabu, 30 November 2016

Jenis Komputer Berdasarkan Ukuran dan Kemampuannya

Mengenal Jenis-Jenis Komputer 

Komputer didedinisikan sebagai mesin yang dapat mengolah simbol dan data dalam waktu singkat. Berdasarkan ukuran dan kemampuannya dibagi menjadi  4 jenis , yaitu:

1. Superkomputer



Superkomputer adalah sebutan untuk komputer yang paling cepat dan kuat pada masanya. Harganya sangat mahal dan hanya digunakan untuk memcahkan masalah khusus untuk lembaga tertentu, misalkan meramal cuaca, pergerakan benda langit, invasi, penyebaran wabah dan simulasi lainnya. Salah satu pembuatnya adalah Cray Research.

2. Mainframe



Mainframe awalnya mengacu pada rak untuk menyimpan bagian-bagian komputer di masa awal kemunculan komputer digital. Namun, di tahun 1970 saat komputer semakin kecil, mainframe mengacu pada komputer kuat yang mampu menopang bangak pengguna.

Perbedaan mainframe dan superkomputer terletak pada pemakaiannya. Mainframe memecahkan banyak masalah, sementara superkomputer memecahkan satu masalah di satu waktu.

3. Workstation


Merupakan jenis komputer untuk aplikasi rekayasa (engineering), pengembangan perangkat, dan aplikasi lain yang perlu banyak kekuatan komputasi dan grafik yang tinggi. Ciri-cirinya adalah: grafik yang tajam, spesifikasi RAM dan memori besar, pendukung jaringan, dan GUI. Sistem operasi yang populer adalah Windows NT dan Unix. Seperti PC, workstation memiliki satu pengguna, tapi biasanya ditempatkan di LAN untuk penggunaan bersama.

4. Komputer Pribadi (PC)

Adalah jenis komputer yang digunakan untuk keperluan pribadi. Komputer ini dibagai menjadi beberapa bentuk.

a. Tower Model



Adalah jenis PC yang disusun dalam bentuk menara. Dengan bentuk tinggi dan tipis.

b. Desktop


Model PC yang disusun secara pendek dan lebar, berlawanan dengan Tower Model.

c. Notebook computer


Komputer yang samgat ringan dan tipis. Hal yang paling menonjol adalah layar notebook yang datar, notebook juga mampu dijalankan dengan batre. Kekuatan komputasi notebook modern mirip dengan PC Desktop.

d. Laptop

Komputer yang cukup kecil untuk ditempatkan diatas pangkuan, memiliki karateristik yang mirip dengan notebook.

e. Komputer genggam


Adalah komputer yang muat dalam genggaman manusia secara harfiah, ukurannya lebih kecil dari laptop/notebook biasa. Walaupun lebih portable, komputer genggam belum bisa menggantikan notebook dan laptop.

f. PDA (personal digital assistant)



Alat yang mengombinasikan komputasi, telefon/fax, dan fitur jaringan. PDA menggunakan pulpen khusus dan suara sebagai input. PDA pertama digagas oleh Apple pada 1993.

Daftar Pustaka

https://www.cs.cmu.edu/~fgandon/lecture/uk1999/computers_types/

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar